Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu Tahun 2020 di masa pendemi sesuai dengan standar protokol kesehatan Covid-19, di Hotel Santika Palu. Selasa, 23/06/2020.

Ketua KPU kota Palu Agussalim Wahid mengatakan dalam sambutannya ditengah pendemik Covid-19, kegiatan seperti ini selalu ada koordinasi dan taat pada standar protokol kesehatan Covid-19.

“Untuk itu ada kegiatan yang tidak dapat dihindari pertemuan dalam ruangan seperti rapat pleno, bimtek, rakor dan Sosialisasi yang penting mengikuti standar protokol kesehatan dengan memperhatikan kapasitas gedung dan jarak antar peserta,” ujarnya saat sambutan

Sebagaimana kita ikuti dalam perkembangan pemberitaan bahwa pengambil keputusan telah memilih skenario pertama penyelenggaraan di bulan desember. Dalam Perppu No 2 Tahun 2020 Pasal 201A bahwa penyelenggaraan di bulan Desember.

“lebih lanjut pemilihan di 9 desember 2020 merupakan pergeseran dari sebelumnya yang direncanakan yaitu pada tanggal 23 september 2020, hal ini diakibatkan oleh adanya pendemi Covid-19 sehingga pada tanggal 27 mei 2020 komisi II DPR Mengambil Putusan politiknya melalui persetujuan bersama antara KPU, pemerintah dan DPR bahwa tahapan dilanjutkan kembali untuk pemungutan suara pilkada di 9 desember 2020,” tegasnya.

Ditengah wabah Covid-19, Pemilihan Serentak New Normal berbeda dengan pemilihan sebelumnya, karena penyelenggara harus siap dengan adaptasi baru.

“Tetapi ada yang berdampingan dan berdamai dengan Covid-19 tentu dengan adaptasi teknis dan kebiasaan-kebiasaan baru. Menanamkan disiplin dan taat bagi semua penyelenggara teknis yaitu KPU kota Palu sampai penyelenggara Adhoc sesuai standar kesehatan protokol covid atau common sense protokol covid dalam pemilihan serentak” tambahnya.

Kegiatan tersebut diikuti dengan Asisten Pemerintah Wali Kota Palu, Wakil Ketua Komisi A DPRD, ketua Bawaslu Kota Palu, Polres Palu, Dandim 1306 Donggala, Pengadilan Negeri Palu, Kepala Kejaksaan, kesbangpol, Dukcapil, kadis kesehatan.

X